Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik dan Terpercaya

Teknologi informasi terus berkembang dari tahun ke tahunnya, hal ini sangat bagus karena dengan adanya sistem informasi berbasis teknologi segala pekerjaan dapat dilakukan lebih mudah dan juga efisien.

 

Dalam dunia bisnis, sistem informasi berupa software kasir dan juga aplikasi aplikasi kasir sudah banyak beredar di internet. Setiap software menawarkan berbagai fitur canggih untuk menarik para kostumernya.

 

Anda sebagai calon pengguna kasir harus mempertimbangkan secara matang tentang merk software akuntansi yang akan digunakan. Ini dikarenakan semakin bagus dan lengkap fitur software akuntansi maka akan semakin bagus tentunya untuk bisnis anda.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan juga pertanyaan yang harus anda pecahkan sebelum menggunakan sebuah software akuntansi. Dengan ini diharapkan software yang nanti anda beli sudah sesuai dengan keinginan yang anda butuhkan.

Apa Saja Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik?

 

  1. Sistem Berjalan Online atau Offline?

 

Pertanyaan pertama yang harus dijawab ketika akan menggunakan perangkat lunak akuntansi adalah apakah anda menginginkan software bisa berjalan offline, online atau kedua duanya?.

 

Ini dikarenakan beberapa software memang ada yang bisa digunakan ketika offline. Namun, ada juga yang mengharuskan software terhubung ke internet agar bisa digunakan.

 

Untuk masalah ini, sebagai saran, lebih baik anda menggunakan software yang bisa digunakan secara online. Ini nantinya akan memudahkan owner ketika ingin melakukan pengaksesan secara jarak jauh.

 

Seperti diketahui, setiap aplikasi akuntansi memungkinkan untuk diakses dimana saja, dan kapan saja jika diinginkan.

 

Dengan seperti itu seorang owner bisnis tidak perlu datang ke tempat usaha secara langsung untuk mengecek data transaksi usaha yang berjalan. Tinggal buka smartphone atau laptop di rumah semua data akan tersaji di depan matanya.

 

  1. Perhatikan Tingkat Keamanan Data

 

Salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan adalah keamanan data karena jika data sampai bocor ke tangan-tangan tidak bertanggung jawab, itu bisa sangat berbahaya dan rawan disalahgunakan.

 

Maka dari itu, sebelum menggunakan software akuntansi, anda harus memastikan dulu keamanan dari sistem tersebut. Anda bisa bertanya ke pihak developer mengenaik keamanan sistem yang dibuatnya.

 

Adapun, software akuntansi di perusahaan besar biasanya lebih aman karena dibuat dan memang dikelola secara profesional. Hanya saja untuk menggunakan software tersebut anda harus membayar biaya tertentu untuk aktivasi.

 

Namun, tentu saja itu tidak harus dijadikan masalah. Lebih baik anda membayar mahal daripada menggunakan software gratis namun rawan terkena hacking ataupun virus malware.

 

  1. Kemudahan Penggunaan

 

Setiap software akuntansi memiliki fitur dan tampilan yang berbeda beda. Setiap developer software berlomba-lomba agar software yang dibuatnya memiliki fitur canggih namun tampilannya mudah digunakan atau user friendly.

 

Sebelum membeli software akuntansi, ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu software tersebut lalu nilai apakah sofware tersebut bagus dari sisi fungsi dan cara penggunaan.

 

Untuk melakukan percobaan, anda bisa melakukan uji coba gratis. Setiap vendor software biasanya menyediakan fitur ujicoba selama beberapa hari yang dapat diakses free atau tak berbayar.

 

  1. Layanan Support

Ketika menggunakan software mungkin anda akan mengalami kendala baik karena program error ataupun misalnya anda bingung ketika menggunakan fitur tertentu.

 

Jika hal tersebut terjadi, anda bisa bertanya pada costumer support yang dimiliki oleh setiap jasa penyedia software. Anda harus memastikan softawe akuntansi yang anda gunakan memiliki CS yang ramah dan dapat membantu setiap kebutuhan anda dalam proses penggunaan aplikasi.

 

Adapun, untuk menggunakan sofware akuntansi anda bisa mengguanakan Olsera sebagai salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia. Yuk Daftar Sekarang.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.