kegiatan anak di rumah

Rekomendasi Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Selama di Rumah

Pandemi COVID-19 mengharuskan setiap orang untuk melakukan aktivitas di rumah atau stay at home. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun merasakan hal yang sama. Semuanya dilakukan dengan berani mulai dari sekolah, kantor, bahkan membeli makanan di restoran, disarankan untuk memesan pengiriman.

Karena itu, aktivitas anak-anak yang biasanya belajar di sekolah mengandung semua tingkat kreativitas yang menurun karena berada di rumah sendirian. Namun sisi positifnya, hal ini bisa membuat orang tua dan anak bersama lebih lama.

Di sinilah ide kreatif orang tua akhirnya diuji. Agar anak-anak tetap aman, orang tua juga harus mengembangkan ide-ide cemerlang kegiatan anak di rumah.

Apa Saja Rekomendasi Kegiatan Anak di Rumah yang Seru?

  1. Bermain Game Edukasi

Kebanyakan orang tua paling kesal ketika anak mereka mulai kecanduan game. Oleh karena itu, orang tua perlu menyatukan dan memberikan pilihan permainan yang bermanfaat. Dalam hal ini, orang tua dapat memberikan permainan yang mengarah pada mata pelajaran yang mereka pelajari di sekolah.

Sesuaikan permainan dengan usia anak. Misalnya, untuk anak prasekolah, dengan permainan dasar yang membantu mereka mengenali hewan ternak, angka, warna, dan bentuk.

  1. Memasak

Beberapa anak pasti sering bermain memasak sejak usia dini. Karena itu, cobalah ajak anak untuk memasak. Karena dia baru mulai memasak, Anda bisa mengajak anak Anda memasak makanan sederhana terlebih dahulu, seperti nasi bola tuna, sosis gulung, mie, atau roti panggang.

Setelah selesai memasak, minta anak untuk menata makanan di piring. Biarkan dia menghias makanan yang dibuat sesuai dengan kreativitasnya. Perlu diingat, kegiatan memasak ini bisa melatih anak untuk pantang menyerah.

  1. Berkebun

Berkebun adalah salah satu aktivitas fisik yang paling menyenangkan. Anak-anak dapat memperoleh ilmu pengetahuan, nutrisi, dan melatih kesabaran. Beberapa tanaman yang cocok ditanam di dalam dan di luar ruangan antara lain daun bawang, seledri, selada, cabai, tomat, wortel, dan masih banyak lagi.

Menanam dapat mengajarkan anak-anak prasekolah bagaimana tanaman menjadi hidup. Ini juga merupakan cara mudah untuk mendidiknya tentang nutrisi yang membuatnya bersemangat untuk makan sayuran yang dia tanam.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.