Memahami Apa Itu Premi Asuransi?

Saat berbicara tentang asuransi, pasti tidak akan lepas dari yang namanya premi asuransi. Bahkan, banyak juga calon pembeli polis yang menjadikan “berapa premi asuransi jiwa” sebagai pertanyaan pertama ketika berencana memilikinya. Hal ini sebenarnya wajar, karena premi asuransi akan menjadi hal yang wajib Anda bayar setiap bulannya begitu pengajuan polis diterima. Jadi ketika biaya premi terlalu tinggi tentunya akan memberatkan keuangan Anda, kan?

 

Pengertian Premi Asuransi

Premi asuransi berdasarkan situs Super You dan situs Qoala merupakan tanggungan biaya yang menjadi kewajiban dari nasabah serta harus dibayarkan sesuai jumlah dan jangka waktu telah ditentukan sebelumnya. Pembayaran premi ini biasanya dilakukan tiap bulan sesuai tanggal jatuh tempo yang disepakati. Namun, ada pula yang cukup dilakukan sekali saja di dalam jumlah besar. Berbagai hal tentang premi tersebut dilakukan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, yaitu pemilik polis dan perusahaan asuransi yang dicantumkan dalam polis.

 

Hal yang Mempengaruhi Tarif Premi

Dalam menentukan tarif premi asuransi pastilah kedua belah pihak memiliki pertimbangannya masing-masing. Pemilik polis pasti ingin membayar tarif rendah tetapi mendapat manfaat tinggi. Sementara perusahaan asuransi memiliki pertimbangan sendiri dalam hal penentuan tarif ini, di antaranya:

  • Usia

Semakin besar usia seseorang maka perusahaan asuransi akan menetapkan tarif lebih tinggi. Inilah salah satu alasan mengapa untuk beberapa asuransi tertentu, Anda disarankan memilikinya sejak usia masih muda.

  • Gaya hidup

Semakin tidak sehat gaya hidup Anda, maka akan semakin tinggi juga tarif premi yang dibebankan. Misalnya Anda jarang bergerak, mengonsumsi junk food setiap hari, merokok, dan sebagainya.

  • Aktivitas

Seberapa besar risiko dari aktivitas keseharian yang Anda lakukan? Baik terkait dengan pekerjaan maupun hobi. Semakin tinggi risikonya maka akan semakin besar juga nominal premi yang dibebankan.

  • Riwayat kesehatan

Bagaimanakah kondisi kesehatan Anda sebelum membeli polis asuransi? Jika Anda pernah memiliki penyakit yang tergolong rawan, maka tarif premi juga biasanya akan menjadi tinggi.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya terlihat pola dari penentuan tarif premi oleh perusahaan asuransi, yaitu seberapa besar risiko Anda mengajukan klaim. Semakin tinggi kemungkinannya, maka tarif premi asuransi yang diterapkan untuk Anda pastilah akan semakin tinggi. Namun jangan khawatir, besarannya tetap sesuai dengan hasil negosiasi dan kesepakatan Anda dan perusahaan asuransi.

Nah, itulah yang dimaksud dengan premi asuransi.Sangat disarankan untuk memilih besaran premi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan Anda. Jangan sampai adanya produk perlindungan ini justru menjadi beban finansial akibat Anda salah menentukan premi.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.