Colt Diesel 136PS, Dump Truck dengan Kinerja dan Sistem Keamanan Unggulan

Mencari dump truck yang mampu menahan beban kerja tinggi merupakan tugas yang cukup rumit. Colt Diesel 136PS (https://ktbfuso.co.id/product-detail/15/fe-shdx-6-6) dapat dijadikan sebagai kandidat kuat dump truck pilihan. Titel dump truck terbaik pun sering disematkan pada truk ini.

 

Spesifikasi dari Colt Diesel 136PS

 

Yang pasti, memberikan titel “terbaik” kepada seri truk ini tidak dilakukan dengan asal. Mungkin akan lebih jelas jika Anda menelaah spesifikasi dari dump truck ini terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasan terkait dengan spesifikasinya:

 

1.      Mesin dan Kemampuan

 

Model mesin yang dibawa oleh truk ini adalah 4D34-2AT7. Mesin ini merupakan mesin diesel yang memiliki kapasitas tangki sebesar 100 liter. Mesin dilengkapi dengan pendingin untuk mencegah overheating.

 

Ada sistem direct injection yang membuat mesin ini mampu menunjukkan performa baik. Karena  didukung oleh mesin kuat tersebut, truk dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 110 kilometer per jam.

 

Selain itu, terdapat radius putaran minimum 7 meter yang berarti truk cukup gesit geraknya. Daya tanjakan dari Colt Diesel 136PS diketahui sebesar 38,5 tan. Dengan mesin tersebut, didukung dengan chassis-nya, truk mampu menahan beban hingga 8,25 ton.

 

Beban tersebut masih memungkinkan truk untuk bergerak dengan cukup leluasa. Truk sendiri memiliki berat total sebesar 2,37 ton.

 

2.      Dimensi Truk

 

Truk ini memiliki dimensi yang cukup mengakomodasi keperluan industrial. Tinggi truk dari tanah hingga puncaknya adalah 2,12 meter. Truk memiliki lebar keseluruhan 1,97 meter, sedangkan panjangnya dari depan ke belakang adalah 5,91 meter.

 

Jarak antara rodanya pun diatur sedemikian rupa agar laju truk lebih nyaman. Tercatat bahwa jarak di antara kedua sumbu roda adalah 3,35 meter.

 

Roda depan berjarak 1,4 meter sedangkan kedua roda belakang berjarak 1,495 meter. Semuanya ini didasarkan pada efisiensi dan keamanan.

 

3.      Suspensi

 

Suspensi merupakan hal yang sangat penting terutama pada truk. Truk memiliki tugas utama dalam mengangkat barang dari satu tempat ke tempat lain.

 

Sistem suspensi yang baik akan memastikan barang yang dibawa aman dan tidak rusak karena menyerap goncangan yang dialami truk.

 

Colt Diesel 136PS memiliki dua sistem suspensi yaitu di depan dan di belakang. Keduanya merupakan suspensi yang berbentuk semi eliptis. Jenisnya adalah spring yang terlaminasi dan dilengkapi dengan peredam guncangan. Berkendara dengan truk ini terasa sangat lancar.

 

4.      Sistem Rem atau Brake

 

Truk juga harus memiliki sistem rem yang baik. Komponen ini sangat terkait dengan keselamatan saat berkendara. Pada truk, beban yang diangkat lebih berat dari mobil sehingga rem pun harus kuat.

 

Terlebih saat truk dibawa untuk berkendara di jalan yang cenderung menanjak. Seri Colt Diesel 136PS dilengkapi oleh tiga sistem rem yaitu rem tangan, rem kaki dan rem pembantu.

 

Rem kaki memanfaatkan sistem hidrolik dengan teknologi vacuum servo. Rem tangan memiliki teknologi expanding di belakang transmisi, sedangkan rem pembantu bersistem gas buang.

 

Dapat dilihat dari empat komponen spesifikasi yang disebutkan bahwa Colt Diesel 136PS merupakan salah satu seri dump truck unggulan yang ada di pasaran. Selain performansinya yang baik, sistem keamanan beban dan pengendara juga diperhatikan oleh manufakturnya.

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.