putau

Apakah Efek atau Dampak yang Diperoleh dari Penyalahgunaan Ganja?

Seperti yang sudah diketahui, bahwa ganja dan putau merupakan salah satu jenis napza yang berasal dari daun, bungah, dan batang daun tumbuhan kannibis. Mulanya  penggunaan obat ini bisa memiliki pengaruh positif pada tubuh seseorang. Disisi lain, akibat penyalahgunaannya mampu menimbulkan berbagai dampak negatif.

Dampak atau Efek Penyalahgunaan Ganja Pada Kesehatan Manusia

Penyalahgunaan ganja sendiri merupakan suatu tindakan dimana anda tidak mampu mengontrol penggunaan pemakaian senyawa ini tanpa adanya resep. Hal ini mengakibatkan timbulnya beberapa dampak negatif pada kesehatan setiap individu. Berikut ulasan secara singkatnya.

  1. Berdampak Pada Organ Paru-Paru  Anda

Berdasarkan beberapa sumber terpercaya. Zat dan senyawa tar yang ada di dalam ganja berukuran tiga kali lipat dari tembakau. Disamping itu, asap yang dihasilkan oleh napza ini pun diduga mempunyai kandungan yang dapat menyebabkan kanker berkisar 70 persen dibandingkan rokok.

Oleh sebab itulah, anda bisa beresiko besar bisa terjangkit kanker paru-paru. Terlebih lagi, apabila penggunaan ganja dalam jangka waktu yang lama tanpa ada kontrol dari dokter. Disamping itu, adapun efek buruk pada kesehatan jika rokok yang dipakai adalah campuran dari tembakau dan kannibis.

  1. Berdampak Buruk Pada Kinerja Otak

Beralih ke dampak berikutnya, yaitu penurunan kinerja otak. Hal ini disebabkan penggunaan ganja dalam jangka waktu yang lama. Efek dari itu adalah menyebabkan adanya gangguan pada keahlian berpikir, mudah kehilangan memori, serta menghamnbat fungsi otak.

Adapun dari beberapa peneliti yang telah membuktikan ini menggunakan pemindaian MRI. Nah, dari hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa terdapat perubahan struktur tertentu pada otak individu yang mengonsumsi ganja. Salah satunya juga dapat mempengaruhi kinerjanya.

  1. Berdampak pada Kesehatan Mental Pengguna

Efek  nagatif yang disebabkan oleh penyalahgunaan ganja berikutnya berdampak pada kesehatan mental pengguna. Terlebih lagi, bagi anda yang menggunakan kannibis dalam skala yang cukup besar mampu memperburuk psikisnya. Dengan kata lain, hal ini dapat memunculkan gejala psikosis terhadap penderita skizofrenia.

Tidak hanya itu, dampak negatif dari penyalahgunaan ganja pada kesehatan mental individu penggunanya yaitu memungkinkan seseorang sering berhalusinasi. Kemudian, muncul rasa percaya serta meyakini sesuatu yang salah. Disisi lain, dapat memicu resiko ketergantungan.

  1. Mempengaruhi Sistem Peredaran Darah

Beranjak ke dampak dari penyalahgunaan napza ini, yakni berpengaruh pada sistem peredaran darah. Dimana, setelah anda mengisap ganja, akan ada perubahan terhadap detak jantung. Mereka bertedak 20-50 denyut per menitnya. Biasanya akan berlangsung hingga tiga (3) jam.

Terlebih bagi pengguna yang mempunyai riwayat penyakit jantung, bisa mengakibatkan serangan jatung. Kemudian, penyalahgunaan ganja pun menyebabkan naiknya tekanan darah dalam waktu yangs singkat. Disisi lain, hal ini dapat membuat mata anda memerah sebab pembuluh darah yang melebat.

  1. Mempengaruhi Sistem Pencernaan Pengguna 

Beralih ke pembahasan mengenai efek penyalahgunaan ganja sinte yang terakhir, yaitu mempengaruhi sistem pencernaan penggunanya. Karena dengan mengisap zat ini, bisa mengakibatkan rasa menyengat serta adanya rasa perih pada mulut dan tenggorokan anda.

Sedangkan, pada ganja yang dikonsumsi dengan cara ditelan. Maka, dapat memicu rasa mual dan ingin muntah. Akan tetapi, jika pengguna napza ini ada pasien pengidap penyakit kanker yang sedang menjalani kemoterapi. Zat kandungannya justru mampu menghilangkan mulas.

Kurang lebih, itu tadi pemaparan yang kami kemas secara ringkas dan jelas tentang penjabaran efek samping penyalahgunaan ganja. Pada dasarnya, obat napza jenis juga mungkin memberikan dampak yang baik. Hal itu terjadi apabila seseorang mengonsumsinya dengan tetap diawasi oleh dokter untuk yang sudah kecanduan dan berdampak negatif bisa melakukan rehabilitasi narkoba.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.