Bali Labuan Bajo

Apa Saja Oleh-oleh Wajib dari Labuan Bajo?

Pulau Bali Labuan Bajo terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa indah. Namun Labuan Bajo ternyata tidak hanya menawarkan pemandangannya saja, tetapi juga oleh-oleh makanan khas yang unik dan tentu saja nikmat. Penasaran apa saja? Simak beberapa oleh-oleh khas Labuan Bajo berikut:

 

Kopi Manggarai

Menikmati pemandangan Labuan Bajo rasanya kurang lengkap tanpa menyesap secangkir kopi Manggarai yang nikmat. Kopi Manggarai atau biasa dikenal dengan kopi Flores sudah sangat terkenal se-Indonesia. Bahkan ada juga yang mempopulerkannya di mancanegara seperti Belanda dan Jerman. Kopi ini memiliki tingkat kafein yang rendah, yaitu sekitar 0,8 – 1,5% saja. Sehingga aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang kurang cocok dengan kafein. Untuk rasanya sendiri, kopi Manggarai memiliki rasa asam lemon dan aroma coklat yang kuat. Keunikannya ini membuat kopi Manggarai menjadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Labuan Bajo.

 

Ikan cara atau ikan kering

Ikan cara mempunyai bentuk yang pipih dan kecil. Biasanya ikan yang sudah ditangkap nelayan, akan dikeringkan dengan cara diasinkan agar awet. Untuk menyantap ikan ini, bisa digoreng kering dan dicocol dengan sambal terasi. Anda bisa menemukan ikan cara atau ikan kering ini di beberapa pasar di Labuan Bajo.

 

Rebok

Tentu saja ini adalah nama makanan, bukan nama merek sepatu olahraga. Rebok adalah cemilah khas orang Manggarai yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Biasanya rebok disuguhkan kepada anggota keluarga sebagai teman minum kopi. Tak hanya itu, rebok juga sering disajikan untuk penyambutan tamu atau acara adat setempat. Jika dirasakan sekilas, rebok mirip dengan kue sagon yang berasal dari Jawa Tengah, karena bentuknya yang bubuk. Anda bisa menemukan rebok dalam bentuk kemasan di pusat oleh-oleh makanan khas Labuan Bajo.

 

Roti kompiang

Roti yang dibuat dari tepung terigu ini memiliki tekstur yang relatif keras. Pada bagian atasnya diberi taburan wijen untuk rasa dan aroma yang khas. Roti kompiang biasa dinikmati bersama dengan kopi Manggarai hangat. Sebetulnya, camilan ini bukanlah makanan asli dari Manggarai, namun lambat laun sudah menjadi oleh-oleh khas jika pulang dari Labuan Bajo. Roti kompiang dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional dan pusat oleh-oleh yang tersebar di Labuan Bajo dengan harga yang cukup murah.

 

Jintan

Jintan yang dimaksud ini bukanlah golongan bumbu yang biasa ditemui di dapur, melainkan cemilan khas dari Labuan Bajo. Sekilas bentuknya mengingatkan pada cemilan biji Ketapang, namun rasa dan aromanya sedikit berbeda. Jintan ini terbuat dari terigu, mentega, gula, telur, dan jintan. Teksturnya yang renyah dan rasa manisnya membuat jintan cocok dinikmati saat santai. Harganya tidak mahal dan mudah ditemukan di toko oleh-oleh setempat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.