Akses cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima Bansos PKH Tahap II yang Cair Bulan April Ini

Cek nama penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II di bulan April 2021 di cekbansos.kemensos.go.id. Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bansos PKH tahap II mulai bulan April ini. Total anggaran yang disediakan untuk penyaluran bansos PKH tahap II ini sebesar Rp 6,53 triliun.

Penyaluran dilakukan sejak awal puasa ini. "Pencairan bantuan ini untuk tahap II, kebetulan bulan April, jadi pas bersamaan dengan awal puasa", kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Sabtu(17/4/2021), dikutip dari laman pkh.kemensos.go.id . Risma mengatakan, bansos PKH tahap II ini diberikan kepada 9.074.584 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) di seluruh tanah air.

Penyalurannya dilakukan oleh Kemensos bekerjasama dengan bank himbara. "Mereka (penerima PKH, ) bisa mencairkan di ATM bersama, e warong, dan agen agen bank yang ditunjuk oleh bank penyalur," ujar Risma. Dengan pencairan PKH tahap II ini diharapkan bisa membantu beban pengeluaran warga terlebih menjelang Lebaran.

Untuk diketahui, PKH merupakan bantuan bersyarat bagi keluarga yang memenuhi satu atau lebih dari tiga komponen. Tiga komponen itu yaitu kompinen kesehatan dengan kategori ibu hamil dan anak balita, komponen pendidikan dengan kategori anak SD/MI atau sederajat, anak SMP/MTs atau sederajat dan anak SMA/MAN atau sederajat atau Komponen Kesejahteraan Sosial dengan kategori lanjut usia diatas 70 tahun dan kategori Disabilitas berat. Dikutip dari Kompas.com , berikut besaran bansos PKH dalam 1 tahun:

Sementara itu, untuk para pelajar dari SD hingga SMA, berikut rincian bantuannya: Penerima Bansos PKH bisa dilakukan pengecekan di laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut langkah pengecekannya:

1. Buka laman 2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan 3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP

4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode 5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru 6. Klik tombol cari

Catatan: Sistem akan mencocokkan Nama KPM dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.